timer

Rabu, 28 Mei 2008

sound card

Soundcard
Soundcard adalah perangkat pengubah isyarat menjadi signal suara pada -tipe souncard ada yang memiliki interface ISA (pada zaman komputer lawas), PCI (hingga sekarang masih banyak digunakan), dan onboard (terintegrasi pada mainboard). Kebanyakan produsen mainboard masa kini telah menyertakan souncard yang handal dalam produk mainboardnya.o SpeakerSpeaker merupakan perangkat untuk mengubah signal suara input menjadi suara yang sesungguhnya. Saat ini banyak sekali tipe speaker. Untuk masalah pemilihan tergantung selera kita.? Musical Instrument Digital Interface ( MIDI )
Penggunaan antarmuka MIDI membolehkan anda untuk berhubungan dengan sebuah synthesizer ke computer anda. Untuk tujuan ini anda membutuhkan software ( sebuah MIDI compatible music recording dan program edit ) dan hardware ( soundcard MIDI dan kabel MIDI untuk hubungan ke synthesizer ).

Sound card Salah satu komponen multimedia yang tentu saja berperan adalah sound card atau kartu suara. Disebut demikian karena perangkat yang berbentuk sebuah lempengan PCB ini mampu mengolah dan menghasilkan suara. Sebuah sound card memiliki output yang harus terhubung ke spiker.
Sound card, juga sering disebut audio card, adalah periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara.

Sound card memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker)dan menambahkan kemampuan pengolahan file suara pada komputer serta mengatur komunikasi anata komputer dengan piranti audio seperti speaker dan microphones.

Sound Card dilengkapi dengan berbagai port untuk menghubungkan piranti audio seperti: speaker,

Sedangkan cara pengangkutan suara biasanya menggunakan tiga cara, yaitu melaluiteknologi frequency modulation (FM), wavetable, dan model fisik. Sintesa lewat FM adalahcara yang paling efektif untuk menghasilkan suara yang jenih, meski mahal.
Suara disimulasikan dengan menggunakan bilangan algoritma untuk menghasilkan sine wave, alias gelombang yang lentur sehingga menghasilkan suara yang mirip suara sumber aslinya. Misalnya, suara denting gitar akan disimulasikan dan hasilnya akan mendekati suara asli.
Cara wavetable adalah merekam suara yang tersimpan pada chip kartu suara, dan meneruskannya ke spiker. Sedangkan synthesizing secara fisik berarti suara disimulasikan melalui prosedur programming yang kompleks.


http://ilmukomputer.com

Tidak ada komentar: