timer

Selasa, 27 Mei 2008

power supply


POWER SUPPLAY


# Power Supply merupakan mediator yang menghubungkan antara mainboard dan sumber listrik. Letaknya terdapat di bagian belakang casing (pembungkus CPU). Ada dua jenis power supply yang digunakan mainboard , yaitu sebagai berikut :
AT , yaitu power supply yang salah satu kabelnya menyatu dengan tombol power, sehingga untuk mengetesnya cukup dengan memencet tombol yang memang sudah disediakan. Tapi jika tombol tersebut belum disediakan. Power supply jenis ini tidak dapat mati otomatis ketika komputer di- Shut down. Kabel yang menyambung dengan mainboardnya harus hitam ketemu hitam ,
* ATX , adalah power supply yang dapat mati otomatis ketika komputer di- Shut down . Enaknya power supply ini, kita tidak usah menentukan posisi pertemuan kabel, pemasangan pada mainboard dilakukan hanya dengan menyesuaikan posisi yang disediakan mainboard . Pada ATX , tidak ada kabel yang menyatu dengan tombol power. Kegiatannya diatur oleh indikator power yang dipasang pada mainboard dari tombol power. Untuk menguji power supply ATX adalah dengan cara sebagai berikut :
Siapkan kawat pendek
Masukkan salah satu ujung kawat ke lubang kabel hijau , dan ujung yang lain ke lubang kabel hitam .
Kalau memang masih normal, dijamin kipas yang terdapat didalamnya akan berputar.
Jika ternyata tidak berputar, coba ganti kipasnya dengan kipas yang lain, dan gunakan cara yang tadi. Kalau masih enggak muter juga, ganti aja.

Power Supply Unit (PSU)

Server menggunakan power supply khusus dengan daya yang cukup besar. Ini dikarenakan kebutuhan perangkat server memang lebih besar daripada PC Desktop. Selain itu, konektor power ke motherboard juga biasanya menggunakan jumlah pin socket yang berbeda, yaitu 24-pin dan 8-pin tambahan (desktop menggunakan 24-pin dan 4-pin tambahan). Kapasitas Power Supply server berkisar antara 500 ~ 800 watt. Selain itu, Server tipe tertentu (high end) biasanya menggunakan fitur REDUNDANT, yaitu dua buah power supply yang saling mem-backup satu sama lain. Jadi jika ada satu power supply yang mati,

sumber:http://www.elektroindonesia.com

Tidak ada komentar: